Bonus Week 05 T&J With Della dan Cune

Sebagai penutup, Cune mencetuskan ide supaya kita menambah 2 minggu menulis lagi untuk menjawab pertanyaan2 yang kita lontarkan sendiri. okesip. jebakan betmen, but we accepted it anyway gatau kenapa lol jadi di sinilah gue, menjawab pertanyaan-pertanyaan gue

 

Pertanyaan 1: kalo bisa jalan2 lagi mau kemana dan kenapa? 

Pertanyaan ini gw lontarkan karena kebetulan gw sangat craving sama quality time. Gw lg berada dimasa dimana kepengeeeeennn bgt main bertiga aja sama dika dan cantya. Jd gw suka berandai2 deh. Seandainyaaaa gw ama dika punya uang dan waktu, mau deh pergi kesana kemari. Pas nanya pertanyaan ini craving travelling gw pun ke Jepang. Kompakan bgt bertiga jawabnya lol

Gw kepengen ke Jepang pas musim sakura. Ngajak cantya liat pemandangan, photobox lucu2, nyasar bareng, jajan2 baju, tp yg penting mah main bertigaan aja gitu.

ada masa dimana gw takuuutt banget bakal tepar capek kalo kita pergi bertigaan aja. tapi beberapa waktu terakhir gw pernah beberapa kali ngabisin waktu bertiga aja karena satu dan lain hal (semisal mertua kudu kedokter, atau ibu ama bokap gw lagi ngurus ponakan gw). kita di kamar aja, bertiga. Dika nyambi main game, gw nyambi streaming. nyambi sambil ngurusin dan main sama Cantya. it felt super amazing I wonder why…….. jadi gw kepengen quality time bertigaan aja di tempat yang ga terjangkau kakek neneknya. don’t get me wrong, para kakek nenek itu sama sekali ngga ngeribetin gw dan dika dan gw pun bisa ngerasain sayangnya dan tulusnya mereka ke Cantya. it just felt so different, hundred times different when we’re alone, just three of us.

Sekarang kalo dipikir2 mah sayang, nanti aja pas cantya udah gede dan bisa inget2 momen2 gitu baru diajak ke jepang. Biar lebih puas dan berkesan. Hehehee…

Pertanyaan 2: life value apa yang menurut lo sangat penting dan dirasa sangat harus lo ajarkan ke anak lo (kelak)?

The moment Cune nge-suggest untuk ngejawab pertanyaan sendiri, pertanyaan ini yg bikin gw rada “deeeemmmm” karena kalo boleh jujur gw sebenernya lagi berusaha ngekonsepin jawaban ini.

As you know, gw menjadi orangtua dalam keadaan tidak mandiri baik secara mental maupun materi. if you didn’t know, well, there you go. Intinya pas gw hamil Cantya gw ngerasa deg2an antara excited dan panik. Sekarang gw ngerasa kayak lagi dikarbit. Speaking soal ngedidik anak, gw pun lumayan clueless secara teknis mau gimana. begitu banyak informasi dan suggestion yang harus gw saring, begitu banyak opini yang harus gw acuhkan, tapi banyak pula saran yang harus gw pedulikan. dan gw ngerasa harus bisa bereaksi cepat, which is itu bukan keahlian gw sama sekali. tapi ya mau gimana, lo harus lakuin apa yang harus lo lakuin kan?

Briefly gw pengen dia tumbuh jd anak yg beriman, berani dan peduli. 3 hal itu yg biasanya terulang tiap kali gw ngomong sama Dika tentang gimana harapan kita ttg Cantya.

Gw berharap bisa cukup ilmu untuk mengajari Cantya supaya beriman pada Allah dan ajaranNya, punya cinta yang hangat dan damai pada agamanya sehingga enggan berburuk sangka setiap kali dia mempertanyakan apa yang mungkin belum ia pahami dari ketentuan Allah. Gw mau dia percaya bahwa walau hidup ngga selalu indah, support Allah ada dimana-mana.

Gw berharap bisa cukup ilmu dan perilaku untuk mengajari Cantya bersikap. Dika sebagai papanya sendiri punya prinsip bersikap soal fairness dan justice dimana dia susah banget ngebiarin dirinya ngelakuin hal-hal curang sampai ngerugiin orang lain. Dika juga tipe yang suka banget ribet ngurusin orang yang nyelak antrian terus jadi defensif kalo ditegor. Gw awal2 malu ngeliatnya soalnya making scene banget, tapi makin kesini gw pengen ngesupport. Gw pengen jadi pasangan yang compatible untuk ngajarin Cantya bahwa hidup itu adil, kalo bukan kita yang bikin adil maka Allah yang bikin adil. Jadi beranilah, lindungi hakmu sendiri, jalani kewajibanmu sendiri, hormati hak dan kewajiban orang lain. Bantu mereka yang bisa kamu bantu dan  jangan ragu menegur kalau melihat penyelewengan. Sisanya Mama doain biar kamu selalu dijaga Allah. aamiinn…

 

iya emang normatif banget, makanya masih bingung gimana practically ngajarinnya. tapi somehow gw yakin value2 di atas itu ya leburan gw ama Dika. kita ya begitu, makanya kemungkinan besar ya bisanya mengajarkan itu ke anak kita. semoga istiqomah, aamiiinnn..

 

 

Oh 1 lagi… gw kepengen dia ngerasa bahwa mungkin ngga semua orang bisa suka sama dia, tapi setidaknya ada orang2 yang ngga pernah bikin dia ngerasa ngga disayang. I want her to understand with her experiences that she always being loved even when we are mad of her. Nah yg 1 ini gw masih bingung balancingnya… hope i won’t spoiled her and could show her that loves are always be there in every kiss or every yelling. Like her name, i wish her to grow happy after all.

 

Leave a Reply

